Bisakah Kita Servis Motor Sendiri?

Servis motor adalah merawat seluruh komponen yang ada dikendaraan kita akan tetapi lebih menitik beratkan kepada komponen utama. Komponen utama merupakan komponen yang bekerja atas dasar waktu tempuh kilometer.

Bisakah kita servis motor sendiri?

servis motor sendiri
Haruskah servis ke bengkel?
Servis motor adalah merawat seluruh komponen yang ada dikendaraan kita akan tetapi lebih menitik beratkan kepada komponen utama. Komponen utama merupakan komponen yang bekerja atas dasar waktu tempuh kilometer.

Sahabat rider seluruh Nusantara. Sesuai yang saya jelaskan diartikel sebelumnya. Bahwa sepeda motor terbagi menjadi tiga unsur pokok keilmuan.
  1. Pertama keilmuan tentang permesinan.
  2. Kedua keilmuan tentang kerangka motor.
  3. Dan ketiga keilmuan tentang kelistrikan.
Ketika kendaraan kita sudah tiba waktunya untuk diservis. Maka servis yang dilaksanakan harus mencakup tiga dasar keilmuan tersebut.

Apa perbedaanya servis motor honda dengan pabrikan lain?

Pada dasarnya semua kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat dengan bahan bakar bensin memiliki persamaan yaitu pada keilmuan dasarnya. Jadi mau kendaraan bermerk honda, yamaha, suzuki, piaggio dan seterusnya kalau mau menservis ya yang dikerjakan sama saja.

Ada berapa tahap ketika kita menservis kendaraan?

1. Bagian mesin

  • Memeriksa dan membersihkan celah busi dan warna busi
  • Memeriksa celah katup buang dan keluar
  • Memeriksa dan membersihkan karburator atau injeksi
  • Memeriksa air radiator
  • Memeriksa oli
  • Membersihkan filter udara

2. Bagian kerangka

  • Menyetel rantai atau memeriksa van belt
  • Memeriksa kampas rem
  • Menyetel rem
  • Memeriksa tekanan ban

3. Bagian kelistrikan

  • Memeriksa berat jenis aki atau memeriksa aki
  • Memeriksa kelistikan penerangan

Biaya servis motor yamaha

Apakah ada beda biaya servis pabrikan yamaha dengan pabrikan lainya. Tentu jawaban tersebut mudah untuk dapat kita jawab. Jelas ada perbedaan.

Biaya untuk jasa servis itu ada beberapa golongan. 

  1. Biaya servis ringan bukan motor sport. 
  2. Biaya servis berat bukan motor sport.
  3. Biaya servis ringan motor sport. 
  4. Biaya servis berat untuk motor sport.
Nah, ketika kita datang kebengkel dan hanya membutuhkan jasa servis saja maka uang yang harus kita rogoh dari saku cukup banyak. Di bengkel resmi rata-rata untuk biaya jasa servis Rp. 45.000 – Rp. 55.000 itu untuk motor bukan sport.

Ketika kita ke bengkel umum rata-rata biaya servis ringan Rp. 40.000.

Harga segitu kita sudah mendapatkan pelayanan seluruh tahap pemeriksaan komponen yang ada dikendaraan kita, sesuai prosedur tahap servis diatas.

Jadwal servis motor honda

Sahabat, kapan waktu yang tepat menservis motor kita? jawaban yang tepat adalah ketika jarak penggantian komponen kita sudah sama dengan batas waktu umur komponen motor tersebut. semisal umur busi 35ribu kilometer. Umur oli 4000 kilometer.

Itu adalah angka standart yang dianjurkan oleh pabrik. Komponen tersebut bisa kita ganti sesuai dengan kebutuhan kita.

Nah, sahabat rider seluruh Nusantara. Dengan mengetahui apa yang harus kita periksa dikendaraan kita. Kita akan tergerak untuk memeriksa sendiri kendaraan kita.

Jika kita merawat sendiri kendaraan kita, kita bisa menggunakan uang kurang lebih Rp. 50.000 tersebut. Misalnya untuk dibelikan oli, busi, dan karburator cleaner. Daripada kita menservis dibengkel dan biaya tersebut pasti akan bertambah karena untuk pembelian spare part.

Dan juga kita bisa menghemat uang dan yang terpenting kita bisa semakin mencintai kendaraan kita. Saat ini service motor injeksi lebih mudah lagi dibandingkan dengan motor karburator. Sudahlah, yakin kita bisa mengerjakannya.

Sahabat rider seluruh Nusantara, servis motor itu sebetulnya pekerjaan ringan dan mudah. Kita pasti bisa mengerjakannya. Servis motor yang lebih simpel lagi itu hanya mengganti oli dan busi sesuai jarak atau kilometer. (Riza Dwi Ahmadi)

Posting Komentar

© UANG OJOL. All rights reserved. Distributed by Pixabin