Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekuatan Sinyal ASU di Hape Android Penting Bagi Ojek Online

Memahami Kekuatan Sinyal Seluler ASU

uangojol - Apabila kita mendengar atau melihat kata ASU atau Arbitrary Strength Unit tentu saja yang langsung terbayang dalam benak adalah kekuatan sinyal ASU. Ini adalah nilai skalatis yang sebanding dengan kuat sinyal handphone dalam dBm namun, memiliki skala yang lebih  mudah. 

Jadi perhitungan kekuatan sinyal menggunakan ASU tetap berhubungan dengn dBm atau decibel miliwatts sebagai satuan. 

ASU adalah satuan penerimaan sinyal dari BTS (Base Transreceiver Station) operator terdekat. Disajikan dalam bentuk diagram batang atau signal bar, dapat dilihat di pojok kanan atas handphone. 

Artinya semakin penuh diagram batang maka sinyal yang diterima semakin kuat, ini berarti jarak dengan BTS operator semakin dekat. 

Sebanding dengan perkembangan dunia telekomunikasi, satuan ASU juga mengalami perubahan.  Maksudnya, nilai ASU menyesuaikan dengan jaringan yang diterima handphone. 

Ini memiliki formula berbeda untuk setiap jaringan. Diantaranya 2G (GSM, GPRS), 3G (UMTS/HSPDA) dan 4G (LTE). Mari bersama kita bahas satu-persatu, agar lebih mudah dipahami. 

kekuatan sinyal asu
Kekuatan sinyal ASU

Kekuatan Sinyal ASU pada Jaringan 2G/GSM/GPRS

Pertama untuk jaringan 2G/GSM/GPRS. Memiliki nilai ASU sebagai konversi dari nilai RSSI (Received Signal Strength  Indicator) dengan perhitungan seperti berikut:

dBm = 2 x ASU -113

Dengan skala nilai ASU 0-31 dan angka ‘99’ untuk menunjukkan sinyal paling lemah’ dengan kata lain tidak diketahui atau tak terdeteksi.  Agar lebih mudah dipahami, contoh di bawah ini bisa kita pelajari bersama-sama.

Pada informasi smartphone tertulis Kekuatan Sinyal -105 dBm 4 asu, ini berarti:

dBm = 2 x 4 -113 = -105 dBm

Kekuatan Sinyal ASU pada Jaringan 3G/UMTS/HSDPA

Kedua, jaringan 3G/UMTS/HSDPA. Memiliki nilai ASU sebagai presentasi dari nilai RSCP (Received Signal Code Power) dengan formula seperti di bawah ini.

dBm = ASU – 116

Dengan skala nilai ASU -5 – 91 dan ‘225’ untuk sinyal paling lemah yang tidak diketahui atau tidak terdeteksi. Contoh sebagai berikut:

Kekuatan sinyal yang tertera pada smartphone adalah -96 dBm 20 asu, maka:

dBm = 20 – 116 = -96 dBm

Kekuatan Sinyal ASU pada Jaringan 4G/ LTE

Ketiga, jaringan 4G/ LTE.  Pada jaringan ini,  nilai ASU menunjukkan perbandingan dengan nilai RSRP (Reference Signal Received Power) disajikan dalam rumus berikut. Kisaran angka valid ASU adalah 0 to 97  sedangkan kisaran 1 to 96 dipetakan sebagai berikut.

(ASU – 114) ≤ dBm < (ASU – 140) 

Nilai ‘0’ menunjukkan RSRP < -140 dBm (sinyal lemah) dan angka ‘97’ menunjukkan RSRP > -44 dBm yang berarti sinyal kuat. 

Jadi kesimpulan dari semua persamaan di atas adalah semakin tinggi angka dBm (dalam angka minus), maka sinyal semakin lemah dan tentu saja bila semakin rendah angka dBm maka sinyal yang diperoleh semakin kuat.

Contoh: 

Angka -101 dBm lebih lemah daripada -87 dBm, maka angka 10 asu lebih kuat dari 4 asu. 

Cara Melihat Kekuatan Sinyal ASU di Android

Setelah paham bagaimana menghitung skala nilai ASU  dengan satuan dBm dalam beberapa versi jaringan, kita dapat mulai cara cek dan ricek kekuatan sinyal Smartphone Android, di manakah besaran ASU terlihat?

Berikut ini langkah-langkah untuk melihat:

Menu Setting - About Phone - Network. 

Dapat terlihat langsung nilai dBm dan ASU di Android Anda tanpa perlu install aplikasi tambahan. Silahkan dicoba. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran lebih jelas mengenai ASU dan keterkaitan dengan dBm (untuk ini dibahas lebih lanjut dalam artikel berbeda).

Baca disini : Kekuatan Sinyal dBm Bagi Ojek Online

Terima Kasih, semoga hari Anda semakin menyenangkan dan akunnya gacor bersama kekuatan sinyal ASU yang kuat dan jernih.

Posting Komentar untuk "Kekuatan Sinyal ASU di Hape Android Penting Bagi Ojek Online"