Gas Nitrogen N2 Bikin Awet Komponen Motor

Nitrogen N2 - Sahabat rider seluruh Nusantara, salam sejahtera bagi kita semua. Sejak dibangku SMP kita sudah mengetahui apa itu tabel periodik. Tabel periodik ialah tabel susunan unsur senyawa kimia.

Pakai Nitrogen N2 Motor Awet

Nitrogen N2 - Sahabat rider seluruh Nusantara, salam sejahtera bagi kita semua. Sejak dibangku SMP kita sudah mengetahui apa itu tabel periodik. Tabel periodik ialah tabel susunan unsur senyawa kimia. Nitrogen adalah senyawa kimia dengan nomor atom 7 dan diberi simbol N.

manfaat isi angin dengan nitrogen n2
Nitrogen Corner di sebuah SPBU

Sahabat, sebelum mengaplikasikan Nitrogen di kendaraan kita ada perlunya kita mengetahui filosofi dan sejarahnya.

Dalam bahasa Inggris nitrogen (1794) masuk dari bahasa Prancis nitrogène, diciptakan pada tahun 1790 oleh kimiawan Prancis Jean-Antoine Chaptal (1756-1832).

Dari bahasa Prancis nitre (kalium nitrat, juga disebut saltpeter) dan bahasa Prancis -gene, "membuat", dari bahasa Yunani: -γενής (-genes, "produsen, yang menghasilkan").

Maksud Chaptal adalah bahwa nitrogen merupakan bagian esensial dari asam nitrat, yang pada gilirannya merupakan produk dari niter.

Pada masa-masa awal, niter dirancukan dengan istilah Mesir "natron" (natrium karbonat) — yang disebut νίτρον (nitron) dalam bahasa Yunani — yang, terlepas dari namanya, tidak mengandung nitrat.
daniel-rutherford
Daniel Rutherford

Pengaruh gas Nitrogen untuk tekanan ban

Perubahan tekanan ban terjadi akibat perubahan temperatur ban. Perubahan temperatur ban dapat terjadi akibat gesekan ban terhadap jalan.

Semakin lama ban bergesekan dengan jalan, maka semakin tinggi temperatur ban. Perubahan tekanan ban menyebabkan berubahnya kemampuan peredaman getaran.

Perubahan tekanan ban yang diisi dengan gas udara setelah menempuh perjalanan menunjukkan bahwa ada perubahan tekanan pada ban yang menggunakan udara setelah menempuh perjalanan +30 km.

Perubahan tekanan ban yang diisi dengan gas nitrogen setelah menempuh perjalanan menunjukkan bahwa rata-rata tidak terjadi perubahan tekanan pada ban yang menggunakan gas nitrogen setelah menempuh perjalanan +30 km.

Ban yang diisi gas nitrogen tidak mengalami perubahan tekanan yang signifikan setelah menempuh perjalanan.

Disarankan memakai gas nitrogen untuk mengisi tekanan ban, karena gas nitrogen tidak mudah terpengaruh terhadap temperatur ban.

Pengisian tekanan ban sesuai dengan yang telah disarankan oleh pabrik ban, walaupun tekanan ban yang rendah menghasilkan daya cengkram ban yang tinggi, tetapi menimbulkan gesekan yang besar sehinga treat area mudah aus.

Pengisian tekanan ban disarankan unuk memilih gas nitrogen yang kemurniannya mendekati 100%.

Sahabat saat ini fasilitas pengisian nitrogen pada ban terbilang sanggat mudah. Karena hampir disetiap SPBU terdapat bengkel Nitrogen.

Harga Nitrogen di SPBU

tarif nitrogen di spbu
Tarif Nitrogen di SPBU

unsur-molekul-di-udara
Unsur molekul yang ada di udara


nitrogen-n2-oksigen-o2
ilustrasi molekul oksigen dan nitrogen pada ban


Biaya Isi Ulang Nitrogen di Planet Ban

Cukup dengan mendownload Aplikasi Planet Ban yang tersedia di google play dan app store ios, kita bisa melakukan pengisan nitrogen secara gratis untuk ban motor tanpa perlu belanja.

Cukup melakukan scan QR code di Planet Ban terdekat untuk isi ulang nitrogen secara GRATIS!

alat-isi-nitrogen-n2
Gambar alat isi nitrogen di Planet Ban


Perbedaan Angin Biasa dan Nitrogen

Sesuai penjelasan diatas tadi bahwasanya nitrogen adalah gas udara yang sudah tersaring dan tidak memiliki kandungan air di dalamnya.

Meski minimnya kandungan air, akan tetapi nitrogen mempunyai suhu yang lebih dingin, lebih ringan tapi lebih “padat” komposisi udara dalam ruang, di mana dalam hal ini adalah ban motor.

Berbeda dengan angin biasa. Di dalam angin biasa, terdapat kandungan air yang bisa menguap saat suhu sedang panas

Udara dalam tenkanan angin biasa akan berubah menjadi air yang membuat bobot ban menjadi lebih berat.

Hal ini yang turut membuat ban sobek akibat terlalu berat menahan beban saat melaju dan dapat dipastikan akan lebih cepat aus.

Sahabat, jadi Nitrogen N2 merupakan unsur senyawa kimia. Gas Nitrogen N2 mengandung air lebih kecil dibanding dengan oksigen.

N2 sifatnya lebih konsisten, tidak mudah mengembang dan lepas.

Maka jika N2 digunakan untuk memberi tekanan pada ban akan memberikan keawetan pada komponen ban.

Sahabat,  Nitrogen N2 juga menjamin keawetan pada velg dan ban. Semoga ada guna dan manfaatnya. (Riza Dwi Ahmadi)

Posting Komentar

© UANG OJOL. All rights reserved. Distributed by Pixabin