Cara Memperkuat Sinyal HP Android tanpa Aplikasi Apapun

Cara memperkuat sinyal HP Android sering dicari oleh para ojol. Sinyal merupakan komponen yang sangat penting dalam penggunaan smartphone.

4 Tips Ampuh Memperoleh Sinyal Operator yang Berkualitas

Cara memperkuat sinyal HP Android sering dicari oleh para ojol. Sinyal merupakan komponen yang sangat penting dalam penggunaan smartphone. Tanpa sinyal yang kuat dan berkualitas, tentu kita tidak akan bisa mengoptimalkan penggunaan smartphone. Bahkan justru bisa mengganggu orderan masuk. 

Berkomunikasi menjadi terganggu dan bisa saja terjadi salah paham karena keterlambatan dalam memberikan informasi. Untuk itu diperlukan sinyal yang kuat dan jernih agar kegiatan berkomunikasi menggunakan hp dapat berjalan dengan baik. 

Apakah kalian sering susah sinyal? Atau tiba-tiba sinyal hilang ketika sedang digunakan? Masalah sinyal memang terkadang membingungkan. Tiba-tiba hilang, tiba-tiba ada. Lalu bagaimana caranya agar sinyal tidak hilang-hilang? 

Ada sedikit tips buat kalian yang mengalami masalah seperti diatas. Bisa langsung dipraktekkan tanpa aplikasi tambahan. Semoga bisa membantu mengembalikan sinyal yang hilang. 

cara memperkuat sinyal hp android
Orderan dekat dengan sinyal

1. Pemetaan Area Sinyal Terkuat

Tips pertama, yang harus dilakukan diawal adalah melakukan pemetaan. Pemetaan adalah melakukan pencarian sinyal yang paling dekat dengan posisi handphone mu sekarang. Bagaimana caranya? Mudah saja. 

Bagi para pengguna android smartphone cukup sentuh menu setting kemudian about lalu klik network. Sedangkan bagi pengguna iPhone bisa mengaktifkan pemetaan dengan kode *3001#1234#*.

Dengan mengaktifkan pengaturan pemetaan diatas kamu bisa melihat dimana saja titik sinyal kuat yang dekat dengan posisimu berada saat ini. Pemantauan sinyal ini bisa di tunjukkan dengan satuan decibel miliwatts (dBm)

Jika sinyal menunjukkan angka kurang dari -70 dBm berarti kualitas sinyal ditempat itu baik, sedangkan jika angkanya lebih dari -70 dBm menandakan jika kualitas sinyalnya buruk. 

Jika sudah menemukan sinyal yang kuat, yang harus kamu lakukan adalah menjauh dari tempat yang sinyalnya lemah kemudian tetapkan dirimu pada tempat yang sinyalnya lebih jernih dan lebih kuat. Hal ini akan membuat mu mudah dalam mengoperasikan handphone tanpa takut terkendala sinyal hilang lagi. 

2. Hindari Area Tertutup Gedung Bangunan

Basecamp ojol sering kali berada pada tempat yang teduh. Biasanya dipilih demikian supaya betah berlama-lama disitu sambil menunggu orderan masuk. 

Tapi tahukah kamu bahwa sinyal tidak bisa berbelok arah? Ya, karakter sinyal seluler cenderung lurus dari tower pemancar BTS menuju handphone kita. Apabila jaraknya dekat dan lurus dengan tower, maka kualitas sinyal kuat sekali.

Sedangkan pada area yang terhalang tembok, apalagi gedung yang besar, maka jaringan seluler buruk sebab sinyal kesulitan menembus tembok penghalang.

Di kota-kota besar, ini menjadi masalah tersendiri bagi ojek online. Jadi harus pintar mencari peta area sinyal terkuat sepertti yang dijelaskan pada poin pertama diatas.

3. Refresh dengan Mode Pesawat

Tips kedua yang bisa dilakukan agar sinyal operator seluler semakin berkualitas adalah dengan mengaktifkan mode airplane. Cukup aktifkan mode airplane beberapa detik lalu nonaktifkan kembali. Hal ini akan membuat sinyal yang sebelumnya buruk akan menjadi lebih baik. 

Ketika kamu mengaktifkan mode airplane maka operator seluler akan menonaktifkan handphone dan ketika kamu menonaktifkan mode airplane kembali maka handphone akan kembali aktif. 

Dengan melakukan hal tersebut akan membuat sinyal terefresh sehingga sinyal menjadi lebih jernih dan lebih baik dari sebelumnya. 

Cara ini banyak dilakukan dan banyak yang berhasil. Tapi untuk pastinya, silakan coba dan praktekkan sendiri. Semoga kamu juga berhasil. 

4. Kunci Jaringan yang Tersedia

Tips ketiga yang wajib kamu coba jika masih belum mendapatkan sinyal yang baik setelah mempraktekkan dua cara diatas adalah dengan membuka menu setting selular kemudian klik "Preferred Network Type" yang berarti pengaturan tentang jaringan yang diprioritaskan pada smartphone. 

Agar sinyal tetap stabil dan tidak hilang-hilang lagi cukup kunci dengan memilih salah satu jaringannya. Bisa dengan 2G only (GSM), 3G Only (WCDMA) atau 4G (LTE) di settingan smartphone masing-masing. 

Selain sinyal yang didapatkan stabil dan tidak mudah menghilang, dengan cara ini bisa juga berfungsi untuk menghemat baterai. Karena jika sudah memilih satu jaringan, perangkat tidak perlu mencari sinyal dengan lebih keras sehingga bisa lebih menghemat baterai. 

Itulah tips tips ampuh dari uangojol yang bisa kamu coba tentang cara memperkuat sinyal operator seluler di HP Android tanpa tambahan aplikasi apapun. Namun jika masih sulit mendapatkan sinyal yang bagus, alternatif lainnya mungkin kamu perlu mengganti kartu operator seluler yang cocok dengan sinyal yang ada di lingkungan sekitarmu. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

Posting Komentar

© UANG OJOL. All rights reserved. Distributed by Pixabin