Tips Menghemat Kuota Internet Smartphone

Tips Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone Beberapa langkah di bawah ini dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan internet pada Smartphone.

Tips Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone

Beberapa langkah di bawah ini dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan internet pada Smartphone.

hemat kuota internet
Jangan sampai kuota internet habis sebelum ojol tupo


1. Ubah Fitur Maps ke Mode offline

Cara mengubah fitur Maps ke mode offline untuk platform Android adalah

Memilih Search Bar di atas aplikasi

Geser ke bawah, pilih Save Map to use offline, lalu klik save.

Sedangkan untuk platform iOS, hanya perlu mengubah ke flight mode.

2. Memakai Aplikasi Mailbox

Pada penggunaan E-Mail, terutama saat menggugah dan mengunduh data dari file attachment, dapat menguras kuota dengan cepat. 

Maka manfaatkanlah fitur Mailbox dan Dropbox yang disediakan oleh Android dan iOS. Selain hemat kuota, tentu saja aplikasi ini mampu menyimpan data lebih banyak. 

3. Penggunaan Browser yang Efisien

Aplikasi Browser juga membuat kuota internet lekas menipis. Terutama browser bawaan smartphone atau default browser. Unduhlah browser yang lebih efisien dalam penggunaan. Contohnya Opera Mini yang sudah terbukti mampu menyimpan kuota dan data internet secara primer. Dengan fitur data-saving video boost, dapat mengurangi buffer dengan kualitas optimal. 

4. Matikan Opsi Sinkronisasi yang Tidak Diinginkan

Sinkronisasi otomatis akun dalam jumlah banyak pada smartphone menyedot kuota internet secara langsung tanpa disadari. Sebaiknya matikan atau non-aktifkan sinkronisasi otomatis pada akun yang jarang digunakan.

Masuklah ke menu Settings-Account. Kemudian pilih akun yang akan di-insinkronisasi. 

5. Batasi penggunaan Mobile Data & Aktifkan Peringatan

Langkah untuk membatasi penggunaan mobile data disertai peng-aktifan peringatan harus dilakukan untuk menghemat kuota. Gunakan fitur data usage warning dan limit system yang built-in pada Android. 

6. Batasi penggunaan data background

Penggunaan data otomatis pada background smartphone juga menjadi salah satu penyebab kuota internet cepat habis. Untuk mematikan penggunaan data, masuk ke menu-settings-data usage. Tap garis vertikal di kanan atas, kemudian Restrict Background Data-Ok. 

7. Identifikasi Aplikasi

Langkah selanjutnya adalah Identifikasi aplikasi mana saja yang menyedot kuota terbanyak. Sebab, beberapa aplikasi yang diunduh dan install akan menyedot banyak kuota internet. Masuklah ke fitur menu Settings- Data Usage dan scroll ke bawah. Di sini dapat langsung terlihat daftar aplikasi yang memakan banyak kuota.

8. Batasi Penggunaan Data Masing Masing Aplikasi

Selain membatasi penggunaan data secara umum, pembatasan data di masing masing aplikasi juga dapat dipakai untuk menghemat kuota internet. Sebab beberapa aplikasi memiliki pilihan sinkronisasi dan opsi pengaturan data sendiri. Pilih menu Settings pada aplikasi, lihat Back Up & Sync untuk melihat opsi penghematan data.

9. Hindari Streaming yang terlampau sering

Hindari Streaming musik dan video yang terlalu sering dan banyak, saat menggunakan kuota data di ponsel. Sebaiknya unduh dan simpan terlebih dahulu musik dan video pada saat terhubung dengan Wi-Fi. Langkah lain adalah dengan mengurangi kualitas streaming hingga 240p. Aplikasi seperti YouTube, Netflix sudah memiliki fitur penghemat data. 

10. Lakukan Pembaharuan Saat Terhubung Pada Wi-Fi

Beberapa aplikasi memerlukan update atau pembaruan secara otomatis. Hal ini tentu saja akan menguras banyak kuota internet. Maka, ubahlah pengaturan update aplikasi dengan sistem update hanya saat perangkat terhubung dengan Wi-Fi.

Masuk ke aplikasi Play Store, lalu pilih menu Settings-Auto Update Apps- Auto Update Apps Over Wifi Only.

Demikian beberapa cara dari uangojol yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan Kuota Internet pada smartphone Anda.

Posting Komentar

© UANG OJOL. All rights reserved. Distributed by Pixabin