Tips Ojol Memilih Paket Internet

Untuk strategi penghematan pengeluaran dalam memilih paket internet, maka harus dilakukan beberapa trik dan tips.

Tips Ojol dalam Memilih Paket Internet

Internet sudah menjadi kebutuhan primer bagi (hampir) setiap orang di era serba daring seperti sekarang. Untuk strategi penghematan pengeluaran dalam memilih paket internet, maka harus dilakukan beberapa trik dan tips. 

Lebih baik, ojol mencari provider yang dapat memberikan value paling menguntungkan. Sebab setiap provider memberikan layanan berbeda. Lakukan research dengan jeli sebelum memutuskan provider internet mana yang akan digunakan.

paketan-internet
Contoh paketan internet dari XL

Pertimbangkan faktor faktor berikut ini sebelum memilih.

1. Lokasi Penggunaan

Lokasi berhubungan dengan kualitas sinyal dan kestabilan koneksi karena faktor letak BTS dan jenis sinyal yang dipancarkan operator. Cek jenis sinyal yang ada seperti 3G, 4G atau LTE dari operator yang ada. 

Apabila hanya menggunakan internet di rumah, carilah informasi tentang Coverage Area provider internet tersebut. Pertimbangkan juga seberapa sering bepergian ke berbagai tempat. 

Biasanya sinyal internet di daerah tertentu tidak semulus saat dipakai di kota kota besar. Perhatikan provider mana yang memiliki sinyal bagus dan koneksi stabil. 

2. Baca Syarat dan Ketentuan

Provider biasanya mencantumkan syarat dan ketentuan dengan lengkap. Memuat detail informasi paket internet dan layanan apa saja yang ada. 

 Seperti layanan tertentu yang hanya berlaku pada jam tertentu, berapa banyak kuota yang didapat, jenis jaringan yang dapat digunakan 3G atau 4G. Sehingga dapat diketahui layanan yang dapat digunakan secara maksimal.

3. Perbedaan MBps dan Mbps

Kedua istilah ini dipakai sebagai satuan untuk mengukur kecepatan laju internet. Sesuai kepanjangan MBps adalah Mega Byte per second, artinya MBps memiliki laju lebih cepat karena 1 bit sama dengan 1/8 satuan Byte. 

Sedangkan Mbps adalah Mega bit per second artinya kecepatan pengiriman data hanya 1000 bit per detik. Informasi ini biasanya disertakan setiap provider pada setiap paket internet yang disediakan.

4. Device atau perangkat yang digunakan

Perhatikan perangkat yang digunakan untuk mengakses internet. Apakah digunakan pada ponsel saja atau untuk perangkat lain seperti laptop yang menggunakan tethering. 

Konten internet untuk ponsel rata rata dioptimasi untuk pemakaian yang lebih hemat. Sementara untuk laptop, biasanya dimuat dengan konsumsi lebih banyak. 

5. Jaringan dan Dukungan Perangkat

 3G, 4G, WCDMA, LTE , sebagai jalur paket data internet, semua bergantung pada BTS dan perangkat yang digunakan. Jadi tentu saja tidak tepat guna bila membeli paket 4G tetapi perangkat yang digunakan hanya mendukung jalur 3G.

6. Waktu Penggunaan Internet 

Bila internet diakses seharian penuh maka dibutuhkan paket internet full. Tidak hanya berfungsi pada waktu waktu tertentu sebagai ekstra kuota. 

Meskipun dalam jumlah beberapa giga atau unlimited. Biasanya ditentukan untuk waktu tengah malam hingga pagi.

7. Penggunaan Internet per Bulan

Pantau penggunaan koneksi internet per bulan, kesampingkan aktivitas internet dengan sifat hiburan sebagai bonus. 

Jangan sampai tersisa kuota internet dalam jumlah banyak, setiap masa aktif paket akan berakhir. Berujung pada pemborosan biaya, jadi belilah paket internet sesuai penggunaan.

8. Aplikasi 

Cek kembali aplikasi apa saja yang sering digunakan. Apabila hanya aplikasi media sosial untuk keperluan update, biasanya pemakaian internet jauh lebih irit. Provider tertentu pun adakalanya memberikan paket aplikasi media sosial dengan gratis. 

Aplikasi yang lebih berat seperti upload dan download konten audio visual, akan memerlukan kuota internet dalam jumlah besar dan streaming cepat. Seperti juga game online dengan kebutuhan kuota internet dan speed yang tinggi.

Inilah tips memilih paket internet ala uangojol, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

© UANG OJOL. All rights reserved. Distributed by Pixabin